Langsung ke konten utama

Pelaksanaan Assessment City Development Planning di Kota Banjarmasin

Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, melalui Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah, melaksanakan kegiatan Assessment City Development Planning and Project Management Capacity Development dalam rangka National Urban Development Program (NUDP) di Kota Banjarmasin. Kegiatan ini diadakan pada Senin, 1 April 2024, bertempat di Ruang Rapat Bappeda Litbang Kota Banjarmasin, dimulai pukul 09.00 WIB hingga selesai.

Acara assessment ini dihadiri oleh para pejabat dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, di antarana adalah Kepala Bappeda Litbang Kota Banjarmasin Drs. Ahmad Syauqi, M.Si, berserta staf terkait di Pemerintah Kota Banjarmasin. Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh tim dari Bank Dunia, para konsultan, dan City Coordinator dari kota pilot di Indonesia (secara daring).

Analis Kebijakan Ahli Madya Partisipasi Masyarakat dan Informasi Pembangunan daerah, Bapak Rendy Jaya Laksamana, ST, MM. menyampaikan bahwa kegiatan assessment ini merupakan langkah strategis dalam mengembangkan kapasitas perencanaan pembangunan kota dan pengelolaan proyek di Kota Banjarmasin. "Kami berharap kegiatan ini dapat membawa manfaat nyata dalam peningkatan kualitas perencanaan dan pengelolaan proyek pembangunan di Kota Banjarmasin, sejalan dengan tujuan National Urban Development Program,"

Dalam acara tersebut, peserta mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman terkait perencanaan pembangunan kota dan pengelolaan proyek, yang merupakan aspek kritis dalam mendorong pembangunan berkelanjutan. Pembahasan tidak hanya terfokus pada teori, tetapi juga aplikasi praktis dan studi kasus yang relevan dengan kondisi di Indonesia, khususnya Kota Banjarmasin.

Kegiatan ini diharapkan menjadi momentum penting dalam memperkuat kerjasama antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, serta antara pemerintah dengan para pemangku kepentingan lainnya dalam mewujudkan pembangunan kota yang inklusif, berkelanjutan, dan responsif terhadap tantangan masa depan. Acara berakhir ditandai dengan komitmen kuat dari semua pihak untuk terus bekerja sama dalam menerapkan hasil assessment dan rekomendasi yang diberikan demi kemajuan pembangunan Kota Banjarmasin. Kegiatan ini juga menegaskan kembali komitmen Kementerian Dalam Negeri dalam mendukung pengembangan kapasitas perencanaan dan pengelolaan proyek pembangunan di seluruh kota di Indonesia.

Komentar