Langsung ke konten utama

Courtesy Visit dan Workshop Pelingkupan Kegiatan CIP di Kota Bogor

Tahapan awal kegiatan National Urban Development Project (NUDP) di kota pilot tahap 2 adalah Pelingkupan Kegiatan Capital Investment Planning (CIP). Kota Bogor sebagai salah satu dari 8 kota pilot tahap 2 mendapat agenda ini pada tanggal 13-15 November 2023.

Kegiatan ini diawali dengan Courtesy Visit tim NUDP PMU Ditjen Bina Bangda pada tanggal 13 November ke Balaikota Bogor dan bertemu dengan tim pemkot Bogor yang dipimpim langsung oleh Wakil Walikota Bogor yaitu Bapak Dedie Abdu Rachim, MA dan dihadiri beberapa OPD dari Kota Bogor. Sementara tim NUDP Bangda dipimpin langsung oleh Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintah Daerah (SUPD) II yaitu Bapak Ir. Suprayitno, MA beserta tim dari Bangda lainnya seperti Kasubdit Perhubungan yaitu Bapak Ali Irmanda, SE beserta beberapa jajarannya serta tim CIP dan tim OSP. 


Pertemuan dilakukan di ruang rapat kantor Walikota Bogor (Paseban Sri Bima) dan dibuka oleh Wakil Walikota Bogor yang mana beliau langsung mengemukakan permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh Kota Bogor saat ini dan potensi permasalahan ke depannya. Selanjutnya, Direktur SUPD II memberikan tanggapan terkait hal-hal yang telah disampaikan oleh bapak Wakil Walikota Bogor, bahwa kegiatan NUDP ini diharapkan dapat memberikan solusi dalam hal perencanaan serta prioritisasi pembangunan infrastruktur dengan memperhatikan dampak sosial, lingkungan, kebencanaan, dan anggaran. Begitu pun Team Leader CIP (Bapak Max Pohan) menyampaikan bahwa tim CIP akan berusaha lebih banyak membantu dan berkolaborasi dengan OPD Kota Bogor terkait perencanaan dan pembangunan Kota Bogor melalui prioritisasi usulan program serta mensinergikan antara spasial dan aspasial.

Selanjutnya, pada tanggal 14 November dilaksanakan Workshop Pelingkupan Kagiatan CIP di 8 (Delapan) Kota Pilot NUDP Tahap II – Kota Bogor. Acara workshop ini diselenggarakan di Hotel Royal Bogor, Jl. Ir. H. Juanda No.16, Paledang, Bogor dengan sistem hybrid (luring dan daring).

Kegiatan workshop ini diawali dengan kata sambutan dari Bapak Ali Irmanda, SE selaku Ketua PIU NUDP Bina Bangda dengan memberikan beberapa pandangan terkait pentingnya implementasi sistem CIP dalam melakukan perencanaan pembangunan infrastruktur, terutama karena adanya hal-hal yang menjadi batasan, antara lain: kesenjangan perencanaan spasial dan aspasial, alokasi anggaran yang terbatas sehingga pemerintah kota perlu mencari sumber pembiayaan selain APBD, serta rencana pembangunan daerah harus sejalan dengan rencana tata ruang wilayah.


Selanjutnya, acara dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor yaitu Ibu Dr. Ir. Hj. Syarifah Sofiah, M.Si. Dalam sambutannya, beliau mengharapkan bahwa dengan adanya CIP ini, dapat membantu pemerintah Kota Bogor dalam menyusun RPJPD 2025-2045 dan RPJMD 2025-2030. Ditambah pula, saat ini Kota Bogor sedang menuju konsep smart city dan sedang bertransformasi dari transportasi pribadi menjadi transportasi massal guna mewujudkan smart living.

Selanjutnya, para peserta workshop diajak untuk memahami lebih dalam tentang Capital Investment Planning melalui sesi pengantar, yang diikuti oleh sesi diskusi dan tanya jawab yang interaktif. Sesi ini sangat bermanfaat dalam memberikan wawasan dan menjawab berbagai pertanyaan dari para peserta. Acara juga memperkenalkan aplikasi CIP yang dapat digunakan sebagai decision support system dalam proses perencanaan dan implementasi.

Pada sesi lain, dibahas juga terkait kebutuhan data dan ketersediaannya yang krusial dalam perencanaan, gambaran rencana program dan proyek infrastruktur yang telah ada, serta kriteria pemilihan calon mitra lokal. Sesi ini sangat penting untuk memastikan bahwa semua elemen terkait dalam proyek pembangunan dapat bekerja secara efisien dan efektif.

Acara workshop ditutup oleh perwakilan PMU Bina Bangda yaitu Bapak Ali Irmanda, SE selaku Kasubdit Perhubungan Direktorat SUPD II dan PIU NUDP Bina Bangda. Pada kesempatan tersebut, beliau memaparkan beberapa kesimpulan sebagai hasil dari diselenggarakannya Workshop Pelingkupan Kagiatan CIP di 8 (Delapan) Kota Pilot NUDP Tahap II – Kota Bogor.  

 

Nurhayati Surbakti - OSP

Komentar