Langsung ke konten utama

Training Mitra Lokal untuk Capital Investment Planning (CIP) di Kota Semarang

Dalam upaya memperkuat kapasitas Tim pokja Capital Investment Planning (CIP) dan meningkatkan kompetensi calon mitra lokal, pelatihan khusus diselenggarakan di Hotel Aruss, Kota Semarang dari tanggal 2 hingga 4 Oktober 2023. Acara ini khusus diselenggarakan untuk lima kota pilot dengan tujuan mempersiapkan mitra lokal paska berakhirnya paket CIP pada tahun 2024.

Pelatihan ini dibentuk dengan pendekatan yang interaktif, meliputi penyelesaian studi kasus yang dilengkapi dengan sesi ice-breaking dan games. Materi pelatihan meliputi:

  • Sesi 1: Pemaparan mengenai kerangka kerja CIP yang disampaikan oleh TA CB Kota dan Tim Programmer dengan pendampingan dari TA KME. Sesi ini juga diisi dengan diskusi dan sesi tanya jawab.
  • Sesi 2: Fokus pada analisis dan proyeksi dampak ekonomi. Materi ini disajikan oleh TA Infra Kota dan TA Infrastruktur Pusat, dengan TA GIS sebagai pendamping.
  • Sesi 3: Materi mengenai pengelolaan risiko bencana dan bagaimana manajemen penanggulangan bencana dapat diintegrasikan ke dalam kerangka kerja dan aplikasi CIP. Materi ini diberikan oleh TA Kota dengan pendampingan dari TA Pusat.
  • Sesi 5: Membahas lebih mendalam mengenai sistem aplikasi CIP. Ini mencakup pemahaman struktur aplikasi, serta cara untuk meng-upload atau download data spasial dan aspasial ke dalam aplikasi CIP.
  • Sesi 6: Mengupas tuntas mengenai troubleshooting dan debugging aplikasi CIP. Selain itu, sesi ini juga mengajarkan cara untuk melakukan User Acceptance Test (UAT) terhadap aplikasi CIP.

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan Tim pokja CIP dapat meningkatkan kapasitas dan efisiensi dalam menjalankan tugasnya, terutama menjelang berakhirnya paket CIP di tahun 2024. Selain itu, pelatihan ini juga menjadi wadah bagi calon mitra lokal untuk mempersiapkan diri agar dapat mengambil alih peran serta meneruskan legasi yang telah dibangun oleh Tim pokja CIP.

Semua pihak yang terlibat dalam pelatihan ini optimis bahwa dengan transfer pengetahuan yang efektif, Tim pokja CIP dan mitra lokal dapat bersama-sama mewujudkan pembangunan yang lebih berkelanjutan di kota-kota pilot.

Komentar