Langsung ke konten utama

Pelatihan Penerapan Sistem Aplikasi Capital Investment Planning (CIP)

 

Ditjen Bina Pembangunan Daerah – Kementerian Dalam Negeri baru saja melaksanakan pelatihan (training) Penerapan Sistem Aplikasi Capital Investment Planning (CIP) di Kota Banjarmasin yang berlangsung mulai tanggal 21 sampai 23 Agustus 2023. Kegiatan pelatihan dilakukan di Pyramid Suites Hotel, Jalan Skip Lama No.8 Antasan Besar, Banjarmasin. Pelatihan sejenis sebelumnya telah digelar di Kota Balikpapan pada tanggal 14-16 Agustus 2023 yang lalu. Pada  hakekatnya kedua pelatihan yang telah dilakukan merupakan bagian dari serangkaian kegiatan NUDP pada kota pilot tahap 1, yang mana untuk ketiga kota lainnya juga akan dilakukan kegiatan yang sama, yaitu Denpasar tanggal 24-26 Agustus 2023, Surakarta tanggal 28-30 Agustus 2023, dan Semarang tanggal 31 Agustus sampai 2 September 2023.

Pelatihan ini bertujuan untuk menambah pemahaman Tim Kelompok Kerja (Pokja) Kota Banjarmasin dalam menyusun perencanaan pembangunan kota berbasis spasial. Dalam pelaksanaannya, pelatihan dilakukan secara interaktif dengan penyelesaian studi kasus, yang mana peserta dibagi ke dalam kelompok-kelompok dengan kasus perencanaan pembangunan infrastruktur yang berbeda.

Kegiatan pelatihan ditutup oleh perwakilan PMU Bina Bangda yaitu Analis Kebijakan Ahli Muda Wilayah 2 Ditjen Bina Pembangunan Daerah dengan memberikan beberapa kesimpulan terkait kegiatan pelatihan yang telah berlangsung. Diharapkan dengan telah diselenggarakannya pelatihan ini, Tim Pokja CIP Kota Banjarmasin dapat lebih memahami, meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam menyusun perencanaan berbasis spasial dalam penerapan CIP. 

Komentar