Langsung ke konten utama

Verifikasi dan Pemutahiran Data untuk Pengembangan Konsep Modeling Model Dampak Kota Balikpapan

Balikpapan - Dalam rangka verifikasi dan pemutahiran data untuk kepentingan pengembangan konsep modeling model dampak, Tim OSP melakukan koordinasi internal dengan TIM Bangda, TIM CIP Pusat, dan CIP Kota dan melaksanakan kegiatan verifikasi dan pemutahiran data di Bappedalitbang Kota Balikpapan pada tanggal 5-7 Juni 2023. Tujuan dari pertemuan ini adalah untuk membahas ruang lingkup verifikasi kebutuhan data CIP dan melakukan sosialisasi/demonstrasi sistem aplikasi CIP. Pertemuan dan diskusi ini dipimpin oleh Kepala Bappedalitbang Kota Balikpapan dan dihadiri oleh berbagai tim dan pejabat terkait.

Hasil dari diskusi ini menunjukkan bahwa Pemerintah Kota Balikpapan menyambut baik program NUDP, yang salah satunya adalah pembangunan aplikasi CIP. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu dalam proses perencanaan dan pembangunan Kota Balikpapan. Saat ini, aplikasi CIP masih dalam tahap penyempurnaan dan membutuhkan inputan data yang telah terverifikasi dari Pemerintah Kota Balikpapan.

Verifikasi data dilakukan untuk memaksimalkan dan finalisasi aplikasi CIP, yang bertujuan agar Kota Balikpapan dapat memanfaatkan aplikasi dalam perencanaan pembangunan daerah yang lebih faktual dan komprehensif. Selain itu, perlu disepakati alur/mekanisme kerja antara aplikasi CIP dan Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD).

Dalam pertemuan tersebut, juga dilakukan demonstrasi sistem aplikasi dengan menampilkan berbagai fitur dan kemampuan. Hasil olahan dan analisis prioritas terhadap program dan kegiatan yang menjadi usulan OPD akan menjadi penguat argumentasi dan justifikasi terhadap program kegiatan tersebut.

Sebagai tindak lanjut, Tim CIP Pusat akan melaksanakan workshop pengolahan aplikasi CIP yang direncanakan pada awal Juli 2023. Aplikasi CIP nantinya akan memungkinkan beberapa skenario penentuan prioritas untuk diuji menggunakan sejumlah input data spasial, numerik, dan lainnya. Dengan demikian, verifikasi data Capital Investment Planning memiliki urgensi untuk dilakukan sehingga bisa memberikan dampak positif pada proses perencanaan pembangunan daerah Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur.

Komentar