Langsung ke konten utama

Meningkatkan Efektivitas Pemodelan Proyeksi Dampak dan Integrasi Sistem Pembangunan Kota Semarang

Dalam upaya untuk mempertajam pemodelan proyeksi dampak dan memverifikasi penyesuaian tahapan CIP, Tim CIP dan OSP NUDP melakukan kunjungan kerja ke Kota Semarang dari tanggal 5 hingga 7 Juni 2023. Kunjungan ini diisi dengan beragam agenda kerja yang melibatkan berbagai stakeholder terkait, termasuk Perangkat Daerah di bawah koordinasi Bappeda Kota Semarang.

Hari pertama kunjungan, Senin, 5 Juni, diawali dengan perjalanan dari Jakarta ke Semarang dan dilanjutkan dengan pertemuan koordinasi di kantor CIP Kota Semarang. Di hari kedua, Rabu, 6 Juni, Tim melakukan koordinasi dengan Bappeda Kota Semarang.

Dalam kunjungan ini, Tim CIP dan OSP NUDP diwakili oleh Tenaga Ahli dan Tenaga Ahli Muda. Sementara itu, pihak daerah Kota Semarang diwakili oleh Budi Prakosa sebagai Kepala Bappeda Kota Semarang, serta para kepala bidang dan perencana muda pada Bappeda Kota Semarang.

Rangkaian kunjungan berlangsung intens dengan diskusi dan tukar pikiran antara para peserta. Dalam diskusi tersebut, Budi Prakoso menyampaikan bahwa Kota Semarang sangat antusias dengan kegiatan NUDP dan berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif untuk pembangunan Kota Semarang. Di sisi lain, tim CIP dan OSP NUDP juga menekankan pentingnya prioritas program dan kegiatan, sumber pendanaan, dan implementasinya, serta dampak ekonomi, sosial, dan lingkungan yang bisa ditimbulkan.

Kunjungan ini ditutup pada Jumat, 7 Juni 2023, dengan perjalanan pulang ke Jakarta. Diharapkan, hasil dari kunjungan ini dapat membantu dalam proses verifikasi data dan penyesuaian tahapan CIP, serta mendorong sinergitas antara Pemerintah Pusat dan Daerah dalam rangka pembangunan.

Komentar